leukemia granulositik kronik Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Makalah Leukemia Limfositik Kronik. Leukemia Myeloid Kronik. ppt LMK. Leukemia. Chronic Myeloid Leukemia (CML) is caused by the BCR-ABL tyrosine kinase, the Leukemia Granulositik Kronik (LGK) disebabkan oleh gen BCR-Abl domain. Hubungan Gambaran Klinis dan Laboratorium Hematologis antara Leukemia Granulositik Kronik Ph (+)/BCR-ABL (+) dengan Bentuk Kelainan Ph/BCR-ABL.

Author: Faura JoJosar
Country: Sudan
Language: English (Spanish)
Genre: Video
Published (Last): 7 October 2007
Pages: 490
PDF File Size: 14.59 Mb
ePub File Size: 13.89 Mb
ISBN: 447-4-90761-608-8
Downloads: 44032
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gajinn

Peningkatan tersebut telah dihasilkan dari diagnosis dini, terapi ditingkatkan dengan interferon dan transplantasi sumsum tulang, dan perawatan suportif yang lebih baik.

Bentuk eritrosit yang mengecil disebut mikrositik sedangkan membesar atau di atas 92 fL disebut makrositik. Apakah disertai dengan turunnya berat badan secara drastis? Dalam semua 3 fase, terapi suportif dengan transfusi sel darah merah atau platelet dapat digunakan untuk meringankan gejala dan meningkatkan kualitas hidup.

Pasien sering memiliki gejala yang berkaitan dengan pembesaran limpa, hati, atau keduanya. Insiden LGK di Negara barat: Fase akut, atau krisis blast, mirip dengan leukemia akut, dan kelangsungan hidup adalah bulan pada tahap ini. Idealnya, harus dilakukan dalam tahap kronis dari penyakit daripada pada fase transformasi atau krisis blast. Umumnya LGK mengenai usia pertengahan dengan puncak umur 45 tahun. Sap Leukemia Full description. Leukemia jenis ini sering menyerang individu setengah baya.

Terdapat perkembangan kloroma inti padat dari leukemia di luar sumsum tulang Diagnosis Banding 1. Kelainan laboratorium lainnya termasuk hiperurisemia, yang merupakan refleksi dari peningkatan selularitas sumsum tulang, dan peningkatan nyata serum vitamin Bbinding protein TC-I yang disintesis oleh granulosit dan mencerminkan tingkat leukositosis.

Hal ini ditandai oleh kelainan sitogenetika terdiri dari translokasi timbal balik antara lengan panjang kromosom 22 dan 9 [t 9; 22 ].

Pada beberapa pasien, pembesaran limpa disertai dengan rasa tidak nyaman, nyeri, atau gangguan – pencernaan Gambaran anemia meliputi pucat, dispnea, dan takikardi Memar, epistaksis, menorrhagia, atau perdarahan dari tempat tempat lain akibat fungsi – abnormal trombosit Gout atau gangguan ginjal yang disebabkan oleh hiperurukemia akibat pemecahan yang berlebihan Epidemiologi CML adalah salah satu dari beberapa kanker diketahui disebabkan oleh mutasi tunggal genetik tertentu.

  BLOODSAND ARENA PDF

Sedangkan di negara barat leukemia kronis lebih banyak dijumpai dalam bentuk leukemia limfositik kronis. Remember me Forgot password? Jumlah sel darah putih pasien WBC biasanya dikontrol dengan obatobatan remisi hematologi.

Leukemia Granulositik Kronik – PDF Free Download

Buku ajar ilmu penyakit dalam. Ukuran limpa berkorelasi dengan hitungan granulosit darah granulosiitk, dengan limpa terbesar yang diamati pada pasien dengan jumlah leukosit yang tinggi.

BMT harus dipertimbangkan dini pada pasien muda membutuhkan terapi pemeliharaan interferon. Secara umum, pasien yang lebih muda umum lebih baik daripada pasien yang lebih tua.

Kadar besi serum menurun pada anemia defisiensi besi. Kebanyakan pasien mencapai remisi hematologi dalam waktu bulan. Patofisiologi CML adalah kelainan diperoleh yang melibatkan sel batang hematopoietik. Gen ini juga mempercepat pembelahan sel sehingga ganas dan manifestasi klinisnya membahayakan. Your consent to our cookies if you continue to use this website.

Limpa besar dapat mengganggu pada lambung dan menyebabkan cepat kenyang sehingga asupan makanan berkurang. Hepatitis Kronik Deskripsi granulositi.

Leukemia Granulositik Kronik

Hasil pengobatan tidak memuaskan, dan kebanyakan pasien menyerah pada penyakit sekali fase ini berkembang. Rendahnya sel blast ini menyebabkan CMML dimasukkan ke kategori penyakit sindrom myelodisplastik, namun tingginya monosit juga membuat CMM: Penghentian obat pada pasien leukemiq biasanya diikuti oleh kambuh, menunjukkan bahwa imatinib gagal untuk membasmi sel-sel induk leukemia pada pasien ini.

Nefron ginjal rusak akibat – keganasan leukosit sehingga tidak merespon baik ADH dan timbul diabetes insipidus. Obat ini hanya menyebabkan durasi singkat myelosupresi, dengan demikian, bahkan jika jumlah sel lebih rendah daripada yang dimaksudkan, menghentikan pengobatan atau mengurangi dosis biasanya mengontrol jumlah darah.

Sebuah limpa sangat besar biasanya pertanda transformasi menjadi bentuk krisis blast akut dari penyakit. Penyakit yang tersering adalah CMML, sementara yang lain lebih jarang. Leukemia myeloid kronis, Ph positif. Selain itu, keadaan hipermetabolisme juga dapat memicu tirotoksikos.

  MAGNUS 110 PILLOLE PDF

leukemia granulositik kronis dengan AIHA

CMML, bersama dengan penyakit lain yaitu tipikal leukemia mieloid kronik dan leukemia myelomonositik juvenile dimasukkan ke kategori campuran, yaitu penyakit myelodisplastik-myeloproliferatif. Penyakit ini sering ditemukan secara kebetulan dalam fase kronis, ketika didapatkan hitung leukosit meningkat pada pemeriksaan darah rutin atau adanya splenomegali pada pemeriksaan fisik umum.

Published on Feb View 30 Download Komplikasi Penyakit keganasan dapat menimbulkan komplikasi bahkan kematian. Leukosit yang diproduksi saat keadaan LGK adalah abnormal, tidak menjalankan fungsi imun yang seharusnya. Tonggak terapi standar yang ingin dicapai adalah sebagai berikut: Diagnosis CML ditegakkan melalui pemeriksaan hapusan darah tepi dan analisis sumsum tulang.

Klon-klon ini, selain proliferasinya berlebihan, juga dapat bertahan hidup lebih lama dibanding sel normal,karena gen BCR-ABL juga bersifat anti-apoptosis.

Terapi CML tergantung pada fase penyakitnya, meliputi pemberian sitostatika, splenektomi, serta cangkok sumsum tulang. Oleh sebab itu penyakit ini sering disebut juga dengan Leukemia mielositik kronik. Selain itu pasien merasa cepat kenyang dan begah. Diagnosis Berdasarkan hasil anamnesis, pemeriksaan fisik, dan penunjang, pasien didiagnosis kerja dengan penyakit Leukemia Granulositik Kronik.

leukemla Pertanyaan yang penting untuk diajukan: Jilid ke-1 dan ke Setelah funduskopi, retina dapat menunjukkan papiledema, obstruksi vena, dan perdarahan namun juga tidak terlalu umum dan spesifik untuk CML.

Dengan presentasi yang lebih kecil, penyakit ini dapat pula menimpa semua kalangan umur.

Lelah, lemah, atau sesak napas yang dipicu anemia Nyeri di bawah tulang rusuk sebelah kiri karena pembesaran limpa Pembesaran hati Kulit pucat Mudah memar Mudah berdarah Keringat berlebihan saat tidur berkeringat di malam hari Demam Sering infeksi Nyeri tulang 3.